DaerahTopik Terkini

Walau Hujan, Ratusan Mahasiswa Metro Tetap Semangat Berunjuk Rasa

POJOKPESISIR.COM, METRO – Walau sempat dilanda hujan yang cukup deras, Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi mahasiswa Metro berunjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Bundaran Tugu Pena dan kantor Pemerintahan Kota Metro, Senin 19 September 2022.

Para mahasiswa ini menggelar unjuk rasa dengan mengusung spanduk, karton dan orasi. Demo berawal dari tugu Pena, Lalu mereka mendatangi Kantor Pemerintah Kota, tetapi tertahan barikade kawat berduri. Di sini mereka mulai membakar ban dan berorasi lebih semangat.

Ratusan mahasiswa juga terlibat kericuhan dengan aparat keamanan yang mengamankan kantor Pemerintahan Kota Metro. Aksi tersebut berujung pada insiden penyemprotan water cannon oleh pihak keamanan.

Namun, aksi kembali mereda saat Walikota Metro kembali turun dan menemui ratusan mahasiswa. Mahasiswa juga diajak masuk serta berdialog dengan Walikota duduk secara lesehan. Dialog tersebut berlangsung damai antara mahasiswa dan Walikota Metro.

Dalam orasinya, perwakilan mahasiswa Chairul Aji Bangsawan secara tegas menolak kenaikan harga BBM bersubsidi karena dinilai akan memperburuk kondisi ekonomi rakyat, ini terutama rakyat kelas bawah dan pelaku UMKM.

“Kenaikan harga BBM bersubsidi memiliki multiplayer efek yang secara langsung berdampak pada kehidupan keseharian rakyat. Seperti naiknya barang-barang kebutuhan masyarakat. Turunnya daya beli masyarakat dan meningkatnya angka kemiskinan. Oleh karena itu, merespon kenaikan harga BBM bersubsidi maka mahasiswa menuntut pemerintah pusat untuk mencabut keputusan kenaikan BBM bersubsidi pada 3 September 2022,” Ucapnya, Senin, (19/9/2022).

Sementara itu, Wali Kota Metro, Wahdi yang menemui mahasiswa mendukung aksi mahasiswa dan sepakat menolak kenaikan harga BBM. Karenanya Pemkot Metro akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait kebijakan tersebut.

“Termasuk pembatalan usulan pengadaan mega proyek nasional dan dananya dialihkan ke subsidi BBM,” Tuturnya. (Martin)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button