Topik Terkini

Satbinmas Polres Pringsewu Gelar Pelatihan Penanganan Bencana dan Gawat Darurat

Pringsewu – Satbinmas Polres Pringsewu Polda Lampung melaksanakan pelatihan peningkatan kemampuan personel Bhabinkamtibmas dibidang penanganan bencana dan penanganan pertama gawat darurat di Mapolres setempat.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari mulai 8-10 Februari tersebut dipimpin langsung Kasat Binmas Polres Pringsewu dan menghadirkan narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pringsewu dan Kedokteran Kesehatan (Dokkes) Polres Pringsewu.

Kasat Binmas Iptu Mardiyono mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, mengatakan, pelatihan bertujuan untuk lebih menambah wawasan anggota Satbinmas serta Bhabinkamtibmas di Polsek jajaran yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk lebih menambah wawasan anggota Polri khususnya Personel Bhabinkamtibmas terkait dengan penanggulangan bencana, mulai dari tahapan pencegahan hingga proses evakuasi ketika terjadi bencana nanti,” kata Kasat Binmas Iptu Mardiono saat ditemui awak media pada Jumat (10/2/2023) siang di Mapolres setempat.

Selain penanganan bencana, kata Kasat Binmas, Anggota juga dilatih penanganan pertama gawat darurat dengan menghadirkan pemateri dari Kedokteran Kesehatan (Dokes) Polres Pringsewu yang bertujuan memberikan pengetahuan dasar dan memberikan pemahaman apa saja yang harus dilakukan ketika suatu keadaan darurat terjadi agar dapat mencegah keadaan orang yang ditolong tidak bertambah parah, cacat bahkan dapat membantu mengurangi resiko kematian.

“Sehingga seluruh anggota Bhabinkamtibmas yang ada di Polres Pringsewu diharapkan menjadi garda terdepan dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana dan kegawatdaruratan,” ungkapnya.

Disampaikan kasat Binmas pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 8 – 10 Februari 2023 dan diikuti 80 anggota yang terdiri dari anggota Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas. (Maulana As)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button