DaerahHukrim

Polsek Talang Padang Redam Emosi ODGJ dan Evakuasi ke Rumah Sakit Jiwa

 

Tanggamus – Polsek Talang Padang bersama warga mengamankan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ ) dengan jenis kelamin laki-laki bernama Abdul Aziz Said (20) warga Dusun Kebun Pisang Rt 001/ Rw 005 Pekon Sukarame, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Selasa, 4 April 2023, malam.

 

Kapolsek Talang Padang Polres Tanggamus Iptu Bambang Sugiono, SH., mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga bahwasanya ada seorang pria ODGJ dengan jenis yang mengamuk dan hendak melakukan percobaan bunuh diri.

 

Mendapat laporan tersebut Kapolsek memerintahkan kepada Bhabinkamtibmas dan anggota piket agar segera menuju lokasi dan mengamankan odgj tersebut.

 

“Kami bersama warga mengamankan pria ODGJ yang mengamuk dan hendak melakukan percobaan bunuh diri tersebut, sebagai antisipasi hal yang tidak diinginkan,” kata Iptu Bambang, mewakili Kapolres Tanggamus Polda Lampung, AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K., Rabu 5 April 2023.

 

Kapolsek menjelaskan, pria ODGJ tersebut sudah tiga kali melakukan percobaan bunuh diri dilatarbelakangi urusan asmara dengan kekasihnya. Sehingga keluarga dan warga sekitar merasa resah.

 

Pasalnya dikhawatirkan akan mengancam keselamatan warga sehingga pria odgj tersebut diamankan dan dibawa ke rumah sakit jiwa di Kabupaten Pesawaran untuk diperiksa kejiwaannya.

 

“Usai diamankan, pria ODGJ itu dibawa oleh pihak keluarganya ke rumah sakit jiwa untuk diperiksa kejiwaannya dengan pengawalan kepolisian,” jelasnya.

 

Kapolsek mengimbau masyarakat agar melaporkan kejadian ataupun peristiwa yang dapat mengganggu ketenangan serta mengancam keselamatan orang lain ke Polsek Talang Padang atau Bhabinkamtibmas agar segera ditindaklanjuti.

 

“Kami imbau kepada warga agar bersinergi dengan Polri dan melaporkan peristiwa ataupun kejadian yang dapat mengganggu keselamatan masyarakat sehingga kita bisa menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” imbaunya.

 

Atas langkah evakuasi ODGJ tersebut ke rumah sakit jiwa, diharapkan yang bersangkutan dapat kembali sembuh dan beraktifitas dengan normal.

 

“Tentunya jika ia sembuh dan normal kembali, dapat terciptanya situasi yang aman dan kondusif,” tandasnya.

 

(Desvan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button