Topik Terkini

Ini Deretan Usulan Musrenbang Metro Timur Yang Sudah Diverifikasi

Metro – Dari jumlah keseluruhan 694 usulan warga melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Metro Timur, pihak kecamatan telah melakukan verifikasi terhadap atensi masyarakat tersebut.

Ratusan usulan masyarakat itu dihimpun dari lima kelurahan yang ada di Kecamatan Metro Timur dan tersegmentasi dalam tiga aspek, yakni aspek fisik, aspek sosial-budaya dan aspek ekonomi.

“Ya, usulan masyarakat sudah kami tampung dan lakukan verifikasi bersama. Verifikasi usulan dan prioritas pembangunan di 5 Kelurahan yang ada di Kecamatan Metro Timur kami lakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah atau SIPD,” kata Camat Metro Timur, Ferry Handono saat diwawancarai pojokpesisir.com, Kamis, 30/3/2023.

Foto Camat Metro Timur, Ferry Handono, Kamis (30/3)

“Dari usulan di setiap kelurahan yang telah dilakukan input data oleh operator, didapat data total jumlah 694 usulan di Kecamatan Metro Timur,” sambungnya.

Dalam proses verifikasi tersebut, Camat Metro Timur itu mengatakan pihaknya melibatkan seluruh Kepala Seksi (Kasi) di Kecamatan Metro Timur.

“Seluruh Kepala Seksi di Metro Timur kita libatkan. Lima Kasi. Kasi Kesra, bagian yang menangani Bidang Sosbud, Kasi Perekonomian menangani Bidang Perekonomian, Kasi Pembangunan menangani Bidang Fisik dan Kasi Pemerintahan menangani usulan kegiatan kamtibmas, RT/RW dan pemberdayaan lainnya,” bebernya.

Sementara itu, bagi masyarakat di Metro Timur yang merasa usulannya belum tersampaikan, dikarenakan berhalangan pada saat kegiatan musrenbang berlangsung, atau ada hambatan lainnya dan merasa harus disampaikan, Ferry menawarkan opsi untuk menyampaikan usul melalui DPRD setempat.

“Bagi masyarakat yang usulannya belum tersampaikan saat musrenbang, juga bisa untuk menyampaikan usulnya tersebut melalui Pokok-pokok Pikiran Anggota DPRD Kota Metro,” tukasnya.

Sebanyak 694 usulan masyarakat di Kecamatan Metro Timur itu merupakan usul yang sebelumnya disampaikan melalui musrenbang tingkat kelurahan, dengan rincian, Kelurahan Tejosari sebanyak 134 usulan, Kelurahan Tejoagung sebanyak 164 usulan, Kelurahan Iringmulyo sebanyak 102 usulan, Kelurahan Yosodadi sebanyak 140 usulan dan Kelurahan Yosorejo sebanyak 154 usulan.

Data yang dihimpun pojokpesisir.com dari Kasi Pembangunan Kecamatan Metro Timur, Novi Andi, diketahui usulan warga di setiap kelurahan yang masuk dalam prioritas terbagi dalam 3 aspek, yakni aspek ekonomi, aspek fisik dan aspek sosbud yang kemudian telah diverifikasi dan tersegmentasi lagi, dengan rincian sebagai berikut :

Usulan masyarakat pada musrenbang di tingkat kelurahan se Kecamatan Metro Timur, yang masuk dalam prioritas di bidang ekonomi, yakni ;

Tiga usulan dari Kelurahan Iringmulyo berupa pengadaan peralatan parut dan peras santan kelapa untuk kelompok mandiri pembuat Virgin Coconut Oil (VCO). Kemudian, bantuan peralatan dapur untuk kelompok mandiri memproduksi peyek kacang dan pengadaan peralatan dapur untuk kelompok kutilang.

Tiga usulan dari Kelurahan Yosodadi berupa usulan pengadaan satu unit mesin cultivator untuk KWT Asoka, sarana pengairan dan tank semprot untuk KWT Mutiara dan drum untuk memfermentasi makan ternak di Kelompok Mandiri Jaya Bersama.

Lima usulan dari Kelurahan Yosorejo meliputi bantuan peralatan untuk budidaya madu tawon klanceng, pengadaan peralatan untuk budidaya ikan lele di dalam ember untuk KWT Semeru Berkah Berseri, pengadaan alat pengemas teh serai KWT Melati, bantuan perlengkapan budidaya bibit ayam KUB Kelompok Ternak Guyub Rukun Lestari dan alat masak untuk Kedai As-Sunnah.

Selanjutnya di bidang fisik, rincian usulan masyarakat di lingkungan Kecamatan Metro Timur adalah sebagai berikut:

Sepuluh usulan pembangunan fisik di Kelurahan Iringmulyo meliputi peningkatan trotoar, jalan, gorong-gorong dan drainase. Lalu, sebanyak lima usulan pembangunan fisik di Yosodadi meliputi peningkatan infrastruktur jalan dan perbaikan Sekretariat Kantor LPM.

Enam usul pembangunan fisik di Yosorejo meliputi perbaikan gedung PKK dan gapura makam, serta rehabilitasi saluran drainase dan gorong-gorong. Kemudian tiga usulan pembangunan fisik di Tejoagung meliputi peningkatan infrastruktur jalan, jembatan dan gorong-gorong, serta fasilitas penerang jalan. Sedangkan tiga usulan pembangunan fisik di Tejosari meliputi pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan di tiga titik.

Terakhir dalam aspek sosial budaya, usulan masyarakat di Kecamatan Metro Timur tersegmentasi berdasarkan kelurahannya dengan rincian sebagai berikut:

Kelurahan Iringmulyo sebanyak 8 usulan masuk dalam prioritas untuk sarpras di 8 posyandu. Kelurahan Yosodadi terdiri dari 3 usulan prioritas untuk penyediaan sarpras di 7 posyandu, pembuatan profil anak dan pelatihan penguatan kader posyandu.

Sebanyak empat usulan prioritas Kelurahan Yosorejo meliputi pengadaan kursi plastik dan pengembangan pasar kreatif, sosialisasi pendampingan bank sampah dan penguatan posyandu remaja.

Kemudian 3 usulan di Tejoagung meliputi pelatihan batik sibori, B2SA dan Karang Taruna.

Terakhir, tiga usulan di Kelurahan Tejosari meliputi pelatihan budidaya ikan dan sayuran hidroponik untuk pencegahan stunting, penguatan forum anak dan pengadaan kursi untuk fasilitasi kematian warga. (Martin)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button