Daerah

Bupati Tanggamus Membuka Kegiatan Lounching Pekon Sadar Kerukunan

Wonosobo – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani bersama Wakil Bupati Tanggamus Hi. AM. Syafi’i Menghadiri Sekaligus Membuka Kegiatan Lounching Pekon Sadar Kerukunan, Serta Silaturrahmi Bupati Tanggamus dengan Para Tokoh Lintas Agama yang di Selenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tanggamus. Bertempat di Lapangan Volley Pagarwojo Pekon Kalirejo Kecamatan Wonosobo Selasa 30/8/2022.

Turut Hadir Dalam kegiatan Tersebut  Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhi Widharyadi, Dandim Letkol ARM. Micha Arruan, Ketua DPRD KabupatenTanggamus Heri Agus Setiawan, Kejaksaan Tanggamus yang di wakili Yogi Yerdika, Ketua FKUB Tanggamus Ismail, Kepala kemenag Dr. Mahmudin Aris Rayusman, Para Asisten, Para OPD, Camat Wonosobo, Uspika, Para kepala pekon sekecamatan wonosobo, Para tokoh lintas agama sekabupaten tanggamus.

 

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutan nya, Menuturkan Saya atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengapresiasi kegiatan pada hari ini,

Alhamdulillah kita semua dapat hadir bersama-sama dalam upaya menciptakan kerukunan antar umat beragama di kabupaten ini, Jika kerukunan sudah terjalin dengan baik, maka akan tercipta situasi yang aman, nyaman dan damai. Bukan hanya di sini saja, tetapi untuk semuanya, semoga Desa Kerukunan di Pekon Kalirejo menjadi percontohan bagi Pekon-pekon Kabupaten Tanggamus.

Kegiatan Launching Desa Kerukunan ini merupakan program yang digawangi oleh FKUB, program ini juga telah dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia sampai di tingkat desa. Diharapkan dapat menjadi contoh teladan bagi desa/pekon lainnya untuk menjadi desa kerukunan dan wadah konsolidasi untuk berkomunikasi, agar masyarakat dapat berkumpul, berdiskusi dan mempererat tali silaturahmi.

 

Lanjut Bupati “Kegiatan Silaturahmi yang kita adakan ini, merupakan Sebuah wadah yang bertujuan untuk bagaimana kita bisa mengolah, meramu, menyatukan kemajemukan sehingga bisa menjadi bukti kebenaran Bhineka Tunggal Ika yang mana merupakan Semboyan nasional, dalam artian “berbeda-beda tapi tetap satu”, sedang Semboyan Kabupaten Tanggamus yakni “Begawi Jejama”, yang artinya Bekerja Bersama-sama”

Harapan Bupati “Dengan hadirnya tokoh-tokoh agama ini, bisa meredam konflik yang akan terjadi antar umat beragama, sehingga output dari kegiatan ini bisa menciptakan sebuah desa kerukunan umat beragama di Pekon Kalirejo Kec. Wonosobo Kabupaten Tanggamus.

Saya menyambut baik penyelenggaraan acara Silaturahmi ini, yaitu forum Diskusi dan Dialog yang dilaksanakan bersama tokoh-tokoh lintas agama dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Sehubungan dengan hal tersebut saya berharap kepada FKUB Kabupaten Tanggamus agar dapat terus bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Badan Kesbangpol dalam menjaga harmonisasi, toleransi, dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Tanggamus.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus saat ini sedang berusaha secara optimal mewujudkan visi, misi dan rencana aksi untuk suatu tujuan yaitu Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera. Untuk itu, keberadaan dan peran FKUB menjadi sangat penting sebagai salah satu pelopor persatuan dan kesatuan bangsa di Daerah.

Sebelum mengakhiri sambutan nya, “Bupati berpesan kepada seluruh pemuka agama agar terus menjaga kerukunan antar umat beragama yang selama ini berjalan dengan baik, jangan sampai dicederai oleh oknum-oknum yang ingin memecah belah persaudaraan kita sesama umat beragama.

Saya berharap kepada Forum Kerukunan Umat Beragama untuk dapat memberikan masukan kepada kami dalam merumuskan berbagai kebijakan pemerintah daerah khususnya yang berkaitan dengan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Tanggamus.”Tutup Bupati”

Ketua FKUB Tanggamus Ismail dalam wawancara nya menyampaikan, kami FKUB bersama pemerintah daerah Melounching Pekon Sadar Kerukunan dan Silaturrahmi Bupati Tanggamus dengan Para Tokoh Lintas Agama serta melaksanakan penanda tanganan Deklarasi dengan tujuan agar terjalinnya silaturrahmi tokoh lintas agama sekabupaten tanggamus dengan pemerintah daerah dan harapan nya semoga kerukunan umat beragama ini tidak hanya terjalin di tingkat kabupaten saja, tapi semoga terjalin sampe ke tingkat provinsi dan kalau bisa sampe ke seluruh bangsa indonesia.

Lanjut Ismail, Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Tanggamus karna pada hari ini dapat menyempatkan waktu nya menghadiri kegiatan Lounching Pekon Sadar Kerukunan engan Para Tokoh Lintas Agama

Diahir kegiatan Bupati Tanggamus bersama Jajaran menyaksikan Pertunjukan Paguyuban Seni Kuda Kepang Turonggo Budoyo Pagerwojo Desa Kalirejo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus.

(Desvan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button