DaerahPemerintahan

Tim Verifikasi ODF Provinsi Lampung Turun Kekecamatan Limau Kabupaten Tanggamus 

 

Limau- Tim Verifikasi, Open Defecation Free(ODF) Turun langsung Di Pekon Tegineneng Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus Di dampingi KUPT bersama tim nakes puskesmas Antar Brak Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus , Rabu (7/12/2022).

 

 

Kegiatan berlangsung didepan Balai Pekon Tegineneng Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus.

Hadir di acara tersebut, Munzir SE Camat Limau bersama jajaran nya, Popi Eliza S,Tr Keb KUPT Puskesmas Antar Brak bersama Tim Nakes, Kepala Pekon Tegineneng, Padang Ratu,Tanjung siom, Antar Brak dan Kepala Pekon Pariaman dan masing masing Kepala Pekon membawa Jajaran Pemerintahan Pekon masing-masing dan Masyarakat.

 

Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Adapun tujuan dari verifikasi administrasi ODF yaitu memantau masyarakat sasaran secara bertahap telah menerapkan perilaku hidup besih dan sehat untuk mencapai desa ODF

 

Susmutia S,KM selaku Anggota Tim verifikasi ODF Provinsi, mengatakan bahwa dengan ada nya Pekon ODF ini Masyarakat tidak diperbolehkan lagi buang air besar sembarangan, disungai maupun di kali-kali besar, menurut pemahaman Susmutia, S,KM apa bila masyarakat masih saja buang Air besar sembarangan akan menyebabkan mudahnya Lalat menghinggap di mana-mana yang akan mendatangkan wabah penyakit seperti diare dan lain sebagainya” jelasnya.

 

Di tempat yang sama iya juga menyampaikan hasil Verifikasi ke rumah-rumah warga, yang berada di Kecamatan Limau ini terdiri dari 11 Pekon yang ada, untuk sementara yang menjadi Pekon ODF yang Lolos Verifikasi saat ini yaitu Pekon Tegineneng,

Susmutia juga berharap untuk di tahun 2023 yang akan datang, semoga Pekon-pekon yang ada di Kecamtan Limau, bisa menjadi pekon ODF yang memang ini program dari pemerintah”tegasnya.

 

 

 

Muslim Kepala Pekon Tegineneng, dalam sambutanya Setelah di tetapkannya Pekon kami menjadi Pekon Open Defecation Free (ODF) selanjutnya kedepannya kami akan meng evaluasi serta menginginkan dan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Antar Brak Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus,” Harapannya.

 

 

 

Kepala Pekon Tegineneng Muslim, juga mengucapkan Terimakasih kepada KUPT Puskesmas Antar Brak yang telah mempromosikan kami menjadi Pekon ODF,” Ucapanya.

 

 

Masih di tempat yang sama, Kepala Pekon Tanjung siom, Roni Faslah bersama Kepala Pekon Antar brak, Viendra Sari, juga menambahkan kami juga Siap berkomitmen kedepan agar Pekon kami juga menjadi Pekon Open Defecation Free (ODF) dan terbebas dari gejala penyakit diare dan lainya,” harapannya.

 

 

Popi Eliza S,Tr Keb.Kupt Puskesmas Antar Brak Kecamatan Limau juga mengatakan penting nya Program Open Defecation Free (ODF) ini agar masyarakat tidak lagi buang air besar di sungai atau kali yang ada di Pekon-pekon masing-masing dengan adanya program tersebut masyarakat juga terbebas dari ancaman penyakit diare dan lain lain, iya juga berharap kedepannya Pekon-pekon yang ada di wilayah Kecamatan Limau memprogramkan nya agar supaya Rumah-rumah warga masyarakat disetiap Pekon yang ada di Kecamatan Limau tidak lagi buang air besar di sungai lagi,” Tutupnya.

 

 

(Maulana As)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button