Daerah

Ketua I TP PKK Pesisir Barat Membuka Acara Sosialisasi Masjid Ramah Anak

POJOKPESISIR.COM, PESISIR BARAT – Ketua I TP PKK, Kabupaten Pesisir Barat, Yulnawati Zulqoini membuka acara Sosialisasi Masjid Ramah Anak di Sekretariat PKK, (14/7/2022).

Dalam sambutannya ketua I TP PKK Kabupaten Pesisir Barat, Yulnawati Zulqoini Menyampaikan dunia anak adalah dunia bermain sehingga kegembiraan mereka disaat bermain di manapun mereka termasuk saat mereka berada di masjid.

“Saat berada di masjid itulah mereka seringkali dianggap pembuat gaduh dan mengganggu kekhusukan bagi jamaah yang sedang menjalankan ibadah sholat. Selain itu masih banyak hak-hak anak yang kita abaikan, salah satunya pemenuhan hak anak atas istirahat dan pemanfaatan waktu luang ke arah yang positif, inovatif, kreatif dan rekreatif. Perlindungan anak merupakan tanggung jawab seluruh element bangsa termasuk perlindungan anak selama mereka berada di dalam rumah ibadah,” Jelasnya.

Yulnawati Zulqoini juga menyampaikan ada tiga cara untuk menjadikan masjid ramah anak, agar mereka tertib, dan tidak gaduh di masjid.

“Pertama kita sediakan arena bermain, dan pojok baca, kedua pembinaan oleh orang tua sebagai contoh saat di rumah, orang tua menanamkan nilai tentang adab-adab di masjid diantaranya, tenang tidak membuat gaduh, tidak berlari-lari menggangu orang sholat. ketiga manajemen shaf, anak-anak diberikan shaf diantara orang-orang dewasa agar dapat mengawasi dan mendisiplinkan mereka,” Ucapnya.

“Mari kita buat masjid kita menjadi tempat yang ramah anak, aman, bersih dan menyenangkan,” Tutupnya.

Turut Hadir, Narasumber, Pengurus PKK Kabupaten Pesisir Barat dan Para Peserta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button