Topik Terkini

HPN 2023, Ini Harapan Ketua PWI Metro

Foto: Ketua Pwi Metro, Rino Panduwinata, S.Kom, M.M, bersama Sekertaris dan Bendahara, Medan, Sumut (9/2/2023).

Medan – Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 hari ini digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (9/2/2023).

Dalam kegiatan akbar insan pers tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro tak mau ketinggalan untuk turut andil, dengan mengirimkan empat perwakilannya.

Ketua PWI Kota Metro, Rino Panduwinata, S.Kom, M.M serta Sekertaris, Riswan Saputra dan didampingi dua orang pengurus pun terlibat dalam rangkaian kegiatan hingga puncak acara yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Jokowi sapaan akrabnya membeberkan saat ini dunia pers sedang tidak baik-baik saja.

“Sebelumnya isu utama ialah kebebasan pers namun sekarang sudah bergeser. Dunia pers tidak sedang baik-baik saja, saya ulang dunia pers tidak sedang baik-baik saja” bebernya saat memberi sambutan.

Presiden menyebutkan pers sekarang mencakup seluruh media informasi digital yang semua orang bebas membuat berita sebebasnya.

“Masalah utamanya sekarang adalah membuat pemberitaan yang bertanggung jawab. Masyarakat kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya termasuk platform asing dan umumnya tidak ber-redaksi” sebutnya.

“Saya ingin pers dalam melaksanakan tugasnya agar lebih mengedepankan kepentingan rakyat Indonesia” timpalnya.

Senada dengan Presiden, Ketua PWI Kota Metro, Rino Panduwinata mengungkapkan bahwa tantangan saat ini adalah membuat pemberitaan yang bertanggung jawab.

“Seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo tadi, tantangan kita sekarang adalah pemberitaan yang bertanggung jawab” tuturnya.

Rino pun mengajak para insan pers khususnya di Kota Metro agar melakukan pemberitaan yang profesional menggunakan redaksi, karena saat ini banyak sumber informasi dari berbagai sumber termasuk media sosial yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan.

“Tantangan saat ini ialah berita dari media sosial yang umumnya tidak bisa dipertanggungjawabkan, kita perlu profesional dalam memberikan informasi” ujarnya.

Ia berharap kedepan media di kota yang berjuluk Bumi Sai Wawai dapat menciptakan insan pers yang bekerja lebih profesional dan bermartabat.

“Serta menjaga nama baik wartawan dan marwah organisasi secara umum” ucapnya.

Kehadiran para pengurus PWI Kota Metro di Sumatera Utara ini, selain menghadiri peringatan puncak HPN 2023, juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang materi kejurnalistikan yang digelar selama rangkaian HPN 2023. (Martin)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button